PMII PONOROGO

Mencari Artikel Di Blog PMII Ponorogo

Prop. Mengintegrasikan Visi Gerakan dalam arus pluralitas dan globalitas; Upaya mempertahankan kearifan lokal


. Dasar Pemikiran
Dengan mengucap "Bismillahirrohmaanirrohiim", marilah kita mulai melangkahkan kaki di atas bumi yang suci dan senantiasa membawa nilai kebenaran dalam gerakan, dan merekatkan persatuan untuk merealisasikan nafas perjuangan.
Melihat realita sosial yang ada dalam masyarakat, arus plural sering kali menjadi alasan perpecahan dalam masyarakat, hal ini tidak terlepas dari ombak besar globalisasi yang menjadi ruh dari berbagai sentiment Class social yang mengobrak-abrik dan memberikan sekat yang tebal didalamnya sehingga dapat menghilangkan kearifan local yang ada didalamnya. Hal ini akan terjadi jika masyarakat tidak mempunyai kesiapan mental,intelektual yang didukung dengan kreatifitas dan skill dalam kerangka keteguhan iman dan taqwa. Tidak menutup kemungkinan permasalahan –permasalahan sosial yang demikian ini terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat bahwa perbedaan adalah suatu kekuatan yang maha dahsyat jika didukung dengan rasa persatuan dan kesatuan untuk meraih cita-cita ideal bangsa.
Mahasiswa secara umum berposisi dan mempunyai kapasitas serta tanggungjawab yang besar untuk menyelesaikan permasalahan sosial yang terjadi, mahasiswa harus mengambil langkah-langkah strategis untuk membentuk masyarakat yang madany dan berkeadilan, mengingat hal tersebut maka, PMII sebagai salah satu organ kemahasiswaan mempunyai sebuah inisiatif dan gagasan besar untuk berupaya menjadi motor penggerak bagi seluruh organ-organ kemahasiswaan dengan tujuan menyatukan visi dan misi gerakan mahasiswa sebagai langkah penyadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan visi yang menjadi satu kekuatan dan sebagai perisai bagi masyarakat secara umum, selain itu hal ini akan memberikan keteladanan dan memberikan masyarakat suatu rangsangan agar dapat berjalan bersama-sama kearah persatuan antar ras, agama, dan class sosial yang ada .
PMII juga tetap menjaga eksistensi gerakannya dan menjadikan pluralisme sebagai motifator yang senantiasa memacu gerak langkah organisasi dan persaingan sehat demi menciptakan kualitas oraganisasi dan kepentingan bersama untuk mempertahahankan kearifan lokal (local wisdom).
Merujuk pada beberapa hal di atas, maka dalam acara pelantikan pengurus PMII komisariat STAIN Ponorogo masa kidmat 2007-2008 yang dirangkai dengan orasi pergerakan, temu alumni dan dilanjutkan rapat kerja satu periode kedepan mengambil tema "Mengintegrasikan Visi Gerakan Dalam Arus Pluralis, Upaya Mempertahankan Kearifan Local", dengan demikian diharapkan pengurus PMII komisariat STAIN Ponorogo dalam satu periode kedepan dapat merealisasikan hal-hal tersebut. Momentum pelantikan ini dijadikan sebagai wadah sosialisasi serta penyatuan visi, misi organisasi yang mengacu pada nilai dasar pergerakan (NDP) PMII dan mempunyai sebuah tujuan yaitu untuk mencapai citra diri mahasiswa yang ulul albab.
B. Bentuk dan tema Kegiatan
Kegiatan yang dilaksanakan berupa Pelantikan pengurus Komisariat PMII STAIN Ponorogo 2007-2008 yang dilaksankan satu rangkaian dengan agenda "Orasi Pergerakan" dilanjutkan dengan acara Temu alumni dengan Pengurus Komisariat 2007-2008 dan diakhiri dengan agenda Rapat Kerja Pengurus Komisariat STAIN Ponorogo 2007-2008,
Kegiatan ini mengambil sebuah tema "Mengintegrasikan Visi Gerakan dalam arus pluralitas dan globalitas; Upaya mempertahankan kearifan lokal".
C. Landasan Kegiatan
Kegiatan ini berlandaskan pada:
• Pancasila dan UUD ‘45
• AD/ART PMII
• Rapat pleno Pengurus komisariat terpilih pada tanggal 20 Maret 2007.
D. Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan dari kegiatan yang dilaksankan ini ialah :

a. Pelantikan
• Sebagai bentuk pengakuan dan legalitas formal kepada seluruh pengurus
• Sebagai bentuk konsolidasi awal seluruh pengurus
b. Orasi Pergerakan
• Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan semangat perjuangan transformative mahasiswa
• Memberikan kejelasan tentang posisi gerakan mahasiswa Islam Indonesia
c. Temu alumni
• Sebagai wahana silaturahmi antara alumni dan Pengurus Komisariat
• Memperkuat Tali silaturahmi dan hubungan emosional
d. Rapat Kerja
• Sebagai wahana untuk memberikan gambaran dan mapping pengurus dalam satu periode kedepan
• Sebagai wahana untuk memberikan kejelasan terhadap program-program yang akan dilaksanakan
• Penegasan terhadap kerangka acuan dalam menjalankan roda organisasi
E. Waktu dan tempat pelaksanaan
Waktu
Tempat : A
Dengan jadwal sebagaimana terlampir.

F. Peserta Kegiatan
Adapun peserta dari kegiatan ini adalah:
 Seluruh Pengurus Komisariat PMII STAIN PONOROGO 2007-2008
 Mabinkom dan Alumni PMII
 Pengurus Cabang PMII Ponorogo
 Pengurus komisariat INSURI, Budi Utomo dan STKIP
 OMEK dan OMIK Se-Ponorogo
 Unsur Organ kepemudaan
G. Panitia Pelaksana
Secara konsep dan wilayah praktis kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh Pengurus Komisariat STAIN PONOROGO 2007-2008, dengan susunan panitia sebagaimana terlampir.
H. Pendanaan
Dalam kegiatan ini membutuhkan dana sebesar RP. 2.272.500,00 yang sumber dana berasal dari:
 Kas pengurus
 Sumbangan dari donatur
 Sumbangan yang halal dan tidak mengikat
Dengan rincian sebagaimana terlampir.


I. Penutup
Sebagus dan sebaik apapun konsep dan persiapan yang dilakukan oleh panitia tidak akan mampu berhasil dan sukses tanpa adanya bantuan dan dorongan dari pihak-pihak lain, oleh karena itu kami memohon dengan segala kerendahan hati atas peran serta dari pihak-pihak lain yang membantu dalam kelancaran acara ini dan tidak lupa kami ucapkan banyak terima kasih atas bantuannya, baik moril maupun materiil.
Wallahu Al Muwafieq Ilaa Aqwam Al Thorieq


No response to “Prop. Mengintegrasikan Visi Gerakan dalam arus pluralitas dan globalitas; Upaya mempertahankan kearifan lokal”

Post a Comment

Terimakasih. sekali tangan terkepal, hilangkan ratapan tangis dimuka bumi

Membagi Pengetahuan

Bagi Sahabat-sahabat yang punya artikel, saran, Kegiatan, proposal dan ingin di muat di blog ini, harap mengirimkannya ke E-mail

Bergabung di Agen Pulsa Elektronik